Friday, March 26, 2010

Mengenal Aturan Radio Komunikasi



Banyak sekali macam dan jenis radio komunikasi yang digunakan. Pada dasarnya, radio komunikasi adalah radio yang digunakan untuk berkomunikasi dengan menggunakan frekuensi tertentu. Komunikasi melalui alat ini dilakukan secara half duplex artinya pengirim dan penerima pesan tidak dapat melakukan komunikasi secara bersamaan seperti ketika menggunakan telepon. Pengirim dan penerima hanya dapat berbicara secara bergantian. Jika keduanya mencoba untuk berbicara pada saat yang bersamaan, maka akan terjadi collision (tabrakan). Kondisi ini ditandai dengan tidak adanya suara yang dapat didengar oleh kedua belah pihak.
Radio komunikasi banyak digunakan oleh militer, personal, maupun radio amatir. Walaupun saat ini penggunaannya kalah pamor dengan alat komunikasi lainnya seperti telepon dan email, namun bagi kalangan tertentu radio komunikasi masih menjadi alat komunikasi utama.
Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan radio komunikasi antara lain:

Gunakan nama (callsign) yang unik. Komunikasi menggunakan radio komunikasi melibatkan banyak pengguna. Jika Anda menggunakan nama yang biasa dan umum, tentu akan terjadi kesulitan ketika sesorang berusaha menghubungi Anda.

Sepakati kode-kode tertentu. Walaupun menggunakan frekuensi udara tertentu, namun pengguna radio komunikasi yang berada pada satu frekuensi dengan Anda dapat mendengar isi pembicaraan Anda. Oleh karena itu untuk menghindari penyadapan atau pencurian informasi, sepakati dahulu kode-kode tertentu dengan lawan bicara Anda jika ingin membicarakan sesuatu yang bersifat rahasia.

Perhatikan isi dari pembicaraan. Sama halnya dalam berbicara, dalam menggunakan radio komunikasi, hendaknya jangan memancarkan berita yang bersifat SARA, memperkeruh suasana, mencemarkan dan/atau menjatuhkan nama baik.

No comments:

Post a Comment