Tuesday, March 23, 2010

Etika Chatting


Siapa yang tidak pernah chatting jaman sekarang?

Berkat kemajuan teknologi, chatting merupakan suatu hal yang lumrah dilakukan. Banyak aplikasi yang menyediakan fasilitas ini, situs jejaring sosial seperti facebook pun menyediakan fitur chatting dalam webnya. Chatting memang sangat berguna untuk untuk tetap menjalin komunikasi dengan sesama, baik hanya untuk sekedar mengobrol, bertukar kabar dengan orang yang sudah lama tidak bertemu, maupun berkenalan dengan orang yang baru sama sekali.
Berbicara dalam dunia maya atau chatting memang secara umum hampir sama dengan berbicara secara langsung, namun diantara keduanya terdapat sedikit perbedaan. Beberapa hal yang dapat menjadi panduan ketika chatting antara lain:

Username, Icon, Avatar
   Kenali situasi dan kondisi, jangan menggunakan username, icon, atau avatar yang 'nyeleneh' ketika berada dalam situasi formal seperti konferensi bisnis.

Jangan menulis kalimat dengan huruf kapital
   Menulis dengan huruf kapital sama dengan berteriak. Jika Anda melakukan hal ini, maka lawan bicara Anda akan menganggap Anda berteriak kepadanya, dan dapat menyebabkan lawan bicara Anda merasa tersinggung.

Jangan menulis hal yang bersifat sensitif atau SARA
   Lain halnya dengan pembicaraan tatap muka, melalui chatting lawan bicara Anda tidak dapat melihat bagaimana ekspresi muka Anda, intonasi maupun gaya bicara Anda. Jika Anda menulis sesuatu yang sensitif atau bersifat SARA, bisa-bisa lawan bicara Anda menanggapinya dengan ekspresi yang Anda tidak harapkan.

Mem-Buzz
   Salah satu hal yang harus dihindari adalah melakukan buzz berkali-kali. Hal ini akan membuat lawan bicara Anda merasa kesal atau jengkel. Cukup buzz sesekali, jika lawan bicara Anda tidak merespon, anggap lah dia tertidur sehingga tidak bisa berbicara dengan Anda. Jika masalah yang ingin Anda bicarakan sangat penting, hubungi lawan bicara Anda dengan cara lain.

Memberikan data pribadi
   Jangan memberikan data pribadi Anda, baik no telepon maupun alamat, kepada orang yang baru saja Anda kenal melalui chatting. Hal ini dikarenakan Anda tidak tahu siapa sebenarnya lawan bicara Anda. Kasus penipuan melalui chatting sudah sering terjadi, jangan sampai Anda menjadi korban berikutnya.

Ucapkan Salam
   Sama halnya ketika bertamu ke rumah seseorang, cara paling sopan untuk memasuki sebuah chat room adalah dengan mengucapkan salam walaupun hanya sekedar "Hi!".

No Flood
   Flood yang dimaksud adalah membanjiri chat room dengan kalimat-kalimat yang sama secara berulang-ulang. Selain dapat merusak mata, hal ini dapat menimbulkan kekesalan dari chatter lain.

Hormati Lawan Bicara
   Sebagaimana Anda ingin dihormati, perlakukanlah orang lain seperti Anda ingin diperlakukan. Jangan pernah menghina awan bicara Anda, karena hal itu hanya membuktikan bahwa Anda orang yang tidak memiliki etika.

Sekian penjelasan yang singkat dari Saya, semoga hal ini dapat menjadi pelajaran dan berguna bagi orang lain.

No comments:

Post a Comment