Saturday, April 17, 2010

Profesi TI dan Jenis Profesi TI


Banyak orang menganggap bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi adalah baru dan canggih, hal ini sebenarnya tidak salah, namun teknologi sebenarnya bukan merupakan suatu hal yang baru, hal ini sudah ditemukan sejak dahulu. Api misalnya, pada jaman batu merupakan sebuah teknologi yang dianggap hebat pada masanya. Seiring dengan bergulirnya waktu, api dianggap sebagai sesuatu yang biasa karena sudah dapat dijumpai dimana saja.
Apa sebenarnya teknologi informasi itu?
Teknologi sendiri dapat diartikan sebagai alat rekayasa manusia yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi adalah suatu alat hasil dari rekayasa manusia yang digunakan untuk menghasilkan sebuah informasi.
  • Dalam Oxford English Dictionary (OED2) edisi ke-2 mendefenisikan teknologi informasi adalah hardware dan software, dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha. 
  • Menurut Haag dan Keen (1996), Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
  • Menurut Martin (1999), Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim/menyebarkan informasi. 
  • Sementara Williams dan Sawyer (2003), mengungkapkan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

Pada era ini, dimana arus informasi sangat cepat dan dibutuhkan, dunia teknologi informasi berkembang dengan pesat. Masyarakat membutuhkan informasi yang cepat, tepat, dan akurat dalam setiap aspek hidupnya. Kemajuan dan kebutuhan teknologi informasi ini membutuhkan banyak tenaga profesional dalam pengembangan dan pelayanannya. Tenaga profesional ini tergabung dalam sebuah profesi, yaitu profesi TI atau para profesional yang bekerja dalam bidang teknologi informasi.
Beberapa jenis profesi TI yang dibutuhkan antara lain:

Programming Software Engineering
Bidang ini mengkhususkan diri ke dalam pemrograman dan pengembangan perangkat lunak. Beberapa jenis pekerjaan yang masuk ke dalam bidang ini antara lain:

  1. Application Engineer
  2. Game Programmer
  3. Computer Programmer
  4. OS Designer/Engineer
  5. Software Application Architect

Network System
Jenis pekerjaan ini menspesialisasikan diri kepada pembuatan dan pemeliharaan jaringan. Beberapa jenis pekerjaan yang masuk ke dalam bidang ini antara lain:
  1. Network Administrator
  2. Network Technician
  3. PC Support Spesialis
  4. Telecommunication Network Specialist
  5. Data Communication Analist
  6. Security Administrator

Information Support and Service
Para profesional di bidang ini menyediakan layanan dan bantuan informasi.Beberapa jenis pekerjaan yang masuk ke dalam bidang ini antara lain:
  1. Technical Support Engineer
  2. Technical Writer
  3. Instructional Designer
  4. Application Integrator
  5. Database Administrator
  6. Enterprise System Engineer
  7. Help Desk Specialist
  8. Database Development and Administration
  9. Enterprise System Analysis and Integration
  10. Technical Support
  11. Technical Writing

Interactive Media
Sesuai dengan namanya, jenis profesi ini lebih berhubungan dengan media interaktif. Beberapa jenis pekerjaan yang masuk ke dalam bidang ini antara lain:
  1. Web Designer
  2. Web Master
  3. 3D Animator
  4. Virtual Reality Specialist
  5. Multimedia Producer
  6. Graphic Art
  7. Digital Media
  8. Web Development and Administrator

Tentunya tiap masing-masing pekerjaan membutuhkan kualifikasi tertentu untuk menjadi seorang profesional di bidangnya. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan betapa banyaknya lapangan pekerjaan yang disediakan oleh dunia teknologi informasi.




referensi : http://supriyan.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/4987/jenis-jenis+profesi+IT.ppt

No comments:

Post a Comment