Sunday, December 6, 2009

Kerja atau Usaha???



"Abis lulus mau kerja dimana Sa??"

Mungkin itu adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang tua, keluarga, tetangga, bahkan teman, ketika kita sudah mencapai tingkat akhir pendidikan. Sebagian orang sudah memiliki jawabannya secara jelas, namun bagi sebagian yang lain, termasuk saya, biasanya akan menjawab dengan "yah, ga tau,liat aja ntar".
Pertanyaan jenis itu tentu saja tidak akan menghilang begitu saja, malah, pertanyaan itu juga akan terus menjadi pikiran diri sendiri. "iya yah, ntar gw mau jadi apa??bisa ga yah gw kerja?".

Apa yang akan saya lakukan setelah lulus kuliah? Menjadi seorang wirausaha merupakan pilihan saya ketika nanti saya akan terjun ke masyarakat. Menjalankan usaha sendiri, dengan gaya sendiri, tanpa perlu memikirkan tekanan dari pihak lain atau atasan, merupakan gaya kerja yang saya pilih. Selain itu, dengan menjadi seorang wirausaha berarti saya membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.
Namun, mewujudkan hal tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Banyak pertanyaan yang harus dijawab sebelumnya. Usaha apa yang akan dirintis? Bagaimana menjalankannya? Bagaimana memulainya? Dari mana modalnya? Dan berbagai pertanyaan lainnya.

Menjadi pekerja di usaha orang lain merupakan salah satu cara sederhana untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Dengan menjadi pekerja, saya bisa melihat bagaimana cara yang baik untuk menjalankan suatu usaha, belajar mengenai kendala-kendala yang dihadapi serta pemecahannya, dan meningkatkan ketrampilan diri. Selain itu, saya juga bisa memperluas jaringan serta mencari informasi dan mempersiapkan usaha yang akan dibangun.

Untuk mencapai itu semua, dibutuhkan ilmu yang tepat, belajar lebih banyak dari berbagai sumber, bergaul di masyarakat, dan membiasakan diri untuk bekerja dalam kelompok. Ya, pilihan saya ketika terjun di masyarakat adalah menjadi seorang wirausaha, dan untuk mewujudkannya, saya harus memulai dari langkah yang paling sederhana.

2 comments:

  1. Setuju banget!!! Saya sudah 5 tahun bekerja di perusahaan banyak tekanan dari atasan....waktu habis buat perusahaan....Mending kita merintis usaha sejak dini mumpung ada kesempatan, kalau nunggu2 keburu tua udah gak seproduktif kalau kita masih muda...Ayo kita maju guys, mumpung masih muda, jangan mau jadi orang gajian yang ngandalin perusahaan...Ayo maju!!!

    ReplyDelete
  2. ayo jangan terus-terusan jadi karyawan yang hanya memperkaya orang lain, kita sendiri pun harus maju dan menjadi kaya dengan membuka lapangan pekerjaan sendiri, secepatnya kita memulai usaha secepatnya juga membuka banyak peluang, quit working now and start running a business!! moga-moga para istri mendukung, saya juga akan berhenti bekerja secepatnya hohoho...

    ReplyDelete