Saturday, October 17, 2009

Mengenal VoIP



VoIP (Voice over Internet Protocol) merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk melakukan komunikasi suara melalui Internet Protocol (IP). Istilah lain yang sering digunakan antara lain, IP Telephony, Internet Telephony, Voice over Broadband (VoBB), Broadband Telephony, dan Broadband Phone.

Dua buah komputer yang terhubung melalui internet dapat melakukan koneksi VoIP. Penggunaan VoIP tidak hanya terbatas pada komunikasi suara, namun juga pertukaran file dan gambar. Namun penekanan utama VoIP tetap pada kualitas suara. Salah satu aplikasi pendukung VoIP adalah Yahoo Messenger. Selain melakukan komunikasi melalui tulisan, seorang pengguna YM dapat melakukan panggilan telepon ke lawan bicaranya. Hal ini sangat menguntungkan apabila orang tersebut terletak di tempat yang jauh, karena dalam melakukan panggilan ini pengguna hanya dikenakan pulsa pemakaian internet. Bayangkan jika harus melakukan panggilan SLJJ atau ke luar negeri melalui telepon biasa. Penggunaan VoIP ini dapat memangkas biaya komunikasi sampai 80%.

Dalam perkembangannya, VoIP kini dapat juga dilakukan melalui handphone. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Skype dan Fring. Kedua aplikasi ini memiliki prinsip kerja yang sama dengan Yahoo Messenger. Skype dan Fring memanfaatkan teknologi WiFi atau koneksi internet melalui GPRS atau 3G untuk melakukan panggilan telepon. Gratis!! Yah, tetap dikenakan biaya pulsa internet...Namun jika ponsel memiliki fasilitas WiFi maka panggilan dapat dilakukan secara gratis.

Karena sambungan dilakukan melalui internet, pengguna VoIP dapat melakukan panggilan dengan biaya rendah. Hal ini sangat menguntungkan bagi orang yang ingin melakukan panggilan jarak jauh. Namun, terkadang kualitas suara yang dihasilkan tidak sejernih sambungan telepon. Hal ini disebabkan sambungan internet yang digunakan memiliki bandwidth kecil sehingga terdapat penurunan kualitas suara. Namun hal ini dapat diatasi dengan menggunakan koneksi internet pita-lebar.

No comments:

Post a Comment